Minggu, 11 September 2011

Resume Pemrograman Berorientasi Objek Part 1

Resume Pemrograman Berorientasi Objek
Pertemuan 1 (6-9-2011)
v  Pendahuluan
OOP (Object Oriented Programming) is a programming paradigm using “objects” data sctructures consisting of data field and methods together with their interaction to design application and computer program.
Object adalah suatu benda, sistem, method, atau formula yang mempunyai identitas dan behavior
v  Konsep dasar Pemrograman Berorietasi Objek
Konsep dasar yang harus diperhatikan
1.      Abstraction
Kemampuan sebuah program untuk melewati aspek informasi yang diproses olehnya, yaitu kemampuan untuk memfokus pada inti. Setiap objek dalam sistem melayani sebagai model dari "pelaku" abstrak yang dapat melakukan kerja, laporan dan perubahan keadaannya, dan berkomunikasi dengan objek lainnya dalam sistem, tanpa mengungkapkan bagaimana kelebihan ini diterapkan. Proses, fungsi atau metode dapat juga dibuat abstrak, dan beberapa teknik digunakan untuk mengembangkan sebuah pengabstrakan.
2.      Encapsulation
Memastikan pengguna sebuah objek tidak dapat mengganti keadaan dalam dari sebuah objek dengan cara yang tidak layak; hanya metode dalam objek tersebut yang diberi izin untuk mengakses keadaannya. Setiap objek mengakses interface yang menyebutkan bagaimana objek lainnya dapat berinteraksi dengannya. Objek lainnya tidak akan mengetahui dan tergantung kepada representasi dalam objek tersebut.
3.      Inheritance
Turunan dari suatu class
4.      Polymmorph
melalui pengiriman pesan. Tidak bergantung kepada pemanggilan subrutin, bahasa orientasi objek dapat mengirim pesan; metode tertentu yang berhubungan dengan sebuah pengiriman pesan tergantung kepada objek tertentu di mana pesa tersebut dikirim. Contohnya, bila sebuah burung menerima pesan "gerak cepat", dia akan menggerakan sayapnya dan terbang. Bila seekor singa menerima pesan yang sama, dia akan menggerakkan kakinya dan berlari. Keduanya menjawab sebuah pesan yang sama, namun yang sesuai dengan kemampuan hewan tersebut. Ini disebut polimorfisme karena sebuah variabel tungal dalam program dapat memegang berbagai jenis objek yang berbeda selagi program berjalan, dan teks program yang sama dapat memanggil beberapa metode yang berbeda di saat yang berbeda dalam pemanggilan yang sama. Hal ini berlawanan dengan bahasa fungsional yang mencapai polimorfisme melalui penggunaan fungsi kelas-pertama.

v  Class
        Class merupakan sekumpulan objek yang memiliki attribute yang sama, attribute disini bisa berupa data atau konstanta/property misalnya pendefinisian static pada bahasa c++. Pada class terdapat 2 jenis member yaitu: Data Member (representasi internal class) dan function member. Member –member pada class memiliki beberapa hak akses, diantaranya:
1. Public (dapat diakses oleh fungsi diluar kelas
2. Private
3. Protected
4. Friend

Class          Data – atribut, properti, variabel (bersifat private)
                  Constanta : Data permanen (tidak berubah)
Isi Class          Method – Operation, Procedure, Function, Behavior

v  Object
Sebuah objek adalah suatu entitas yang memiliki identitas,status dan prilaku. pada pemograman berorientasi objek, objek adalah sebuah entitas pada saat runtime, sebuah objek dapat diciptakan, dimanipulasi, dan dimusnahkan.

1 komentar:

  1. Lucky 7 Casino & Hotel - JamBase
    Located in Las Vegas, Lucky 7 Casino & 천안 출장샵 Hotel is 순천 출장마사지 a 3.0 star hotel 서산 출장샵 located in the center of the action and has 4 안산 출장샵 outdoor pools. It has an outdoor pool and 속초 출장마사지 an

    BalasHapus